Laporkan Penyalahgunaan

Featured Post

Tags

Categories

ABOUT ME

I could look back at my life and get a good story out of it. It's a picture of somebody trying to figure things out.

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Template

Facebook

Most Popular

Langsung ke konten utama

Begini Cara Aman Belanja Gamis Batik Online

Sebagai perempuan berhijab, seringkali gamis batik adalah pilihan tepat kita buat yang ingin tampil feminim di acara formal ataupun semi formal. Kenapa batik? Selain 'sangat Indonesia' banget, gamis batik paling cantik kalau udah dipadankan dengan kerudung polos lebar. Terlihat anggun dan syari, ye kan..? 


Begini Cara Aman Belanja Gamis Batik Online




Gamis batik banyak dijual di toko offline, tapi aku lebih suka beli di online shop sih. Pengalaman buruk saat belanja gamis batik online ini nggak akan aku lupain. Di salah satu media sosial, ada toko online yang baju-bajunya lumayan bagus, modelnya kekinian dan style-nya aku banget. Harganya juga terjangkau.

Belanjalah aku  satu baju di situ karena kebetulan mau dipakai minggu depannya untuk menghadiri undangan. Tepat sehari sebelum tanggal acara, paketnya datang. Setelah dicek, ternyata barangnya nggak sesuai ekspektasi. Kain batiknya tipis, ukurannya sempit, bahkan roknya nggak selebar seperti di gambar. Gagal deh, pakai gamis di acara tersebut.

Pengalaman seperti ini gak cuma menimpa aku tapi pernah juga dialami orang terdekatku. Ada yang dikonfirmasi kalau barangnya habis padahal sudah transfer. Akhirnya ,uangnya dikembalikan padahal udah suka banget sama barangnya. Ada juga yang paketnya nggak dateng-dateng, salah kirim warna atau produk. Pengalaman kaya gini nih yang tentu saja menyebalkan dan bikin kapok. Nggak akan lagi deh belanja online sembarangan.


Tips membeli gamis batik secara online supaya gak salah ukuran dan warna

Setelah itu, aku agak hati-hati saat belanja online. Apalagi untuk barang-barang yang menggunakan ukuran. Seperti baju atau sepatu. Sempat nanya-nanya ke teman-teman yang lain juga tentang pengalaman belanja online. Dari hasil diskusi dengan mereka, banyak yang menyarankanku untuk melakukan hal-hal ini: 


  Cek apakah tokonya trusted apa tidak. Caranya lihat followernya, komentarnya serta testimoninya. Salahku sendiri sih sebelumnya malas cek hal-hal beginian, karena udah keburu suka sama bajunya.

  Untuk produk berukuran, minta detail ukurannya. Biasanya olshop trusted suka mencantumkan panjang serta lingkar dada. Misalnya saat belanja gamis batik, tanyakan mengenai bahan yang digunakan dan ukuran dalam bentuk cm.

  Jangan tergiur dengan harga murah atau foto yang kinclong. Lebih baik minta foto real pict agar kita lebih tahu kondisi aslinya. Mengenai harga, sebenarnya sangat berpengaruh pada kualitas bahan dan tingkat kesulitan saat pembuatannya.


Tips di atas aku coba praktikkan tips saat aku belanja lagi lain waktu, dan ternyata it works lho. Jadi nggak mesti mengalami kejadian buruk untuk kedua kalinya. 


Ciri-Ciri Toko Online Penjual Gamis Batik yang Anti Tipu-Tipu

Nah, selain harus tahu gimana beli gamis batik secara online supaya gak salah ukuran atau warna, kita juga harus hati-hati juga dengan toko online yang saat ini sedang menjamur. Soalnya, sudah sering dengar juga dari teman-teman tentang toko online yang 'nakal'.

Aku pernah denger temenku yang kalap belanja di sebuah online shop dalam jumlah banyak, tapi ternyata barangnya nggak dateng. Penjualnya langsung nge-block kontak dan nggak bisa dihubungi lagi. Kalau kaya gini ngenes banget deh. Makanya aku sih lebih seneng belanja di marketplace aja. Alasannya karena market place itu: 

    Memakai sistem rekening bersama dan anti tipu-tipu.

    Webnya terlihat profesional dan memakai domain berbayar.

    Tersedia informasi tentang status barang, apakah masih diproses atau sudah masuk pengiriman. Jadi, pembeli hanya perlu mengecek info pengiriman.

Selain itu jika berbelanja di marketplace kita bisa memastikan bahwa produknya berkualitas dengan mengecek review atau testimoni dan pembeli lain. Jadi lebih yakin dalam menentukan pilihan beli atau enggak.

 

Nah, belakangan aku pengen meningkatkan kualitas gamis batik yang aku punya. Browsing punya browsing ketemulah aku dengan Qlapa.com. Ini adalah marketplace yang khusus menjual barang handmade yang mendukung kreasi anak bangsa. Namanya Qlapa.com. Senangnya mereka juga ternyata menyediakan gamis batik handmade,loh! Yay! 

Seperti biasa karena baru mengenal web ini, aku membaca semua panduan berbelanja di sini karena khawatir kena tipu. Ternyata mereka menerima penukaran produk dan refund. Tentunya dengan syarat tertentu misalnya karena cacat produksi, salah kirim produk, rusak, dsb. Batas waktu complainnya 8 hari terhitung setelah penjual mengirimkan produk. Jadi saat barang tiba, kamu tinggal cek apakah sudah sesuai atau belum, kalau belum, tinggal ajukan complain. Melegakan kan ya? Gak piker pake lama, aku langsung order deh gamis batiknya. Lucu-lucu abis, soalnya.. 

Ragam model gamis batik yang ada di Qlapa 

Gamis batik di Qlapa.com variatif banget model, bahan, sampai harganya. Nah, inilah beberapa model yang sedang aku kecengin dan pengen membelinya segera:

    Gamis dari batik tulis kuning biru. Model ini eye catching banget. Produk ini dibuat dari dua bahan, bagian atas berupa katun ima polos warna biru. Sedangkan bagian bawahnya dari batik tulis Cirebon bahan katun. Item ini dibandrol dengan harga Rp465.000.



   Dress katun Ameera. Bahannya memakai kain katun dengan batik cap warna cokelat. Tersedia seleting di bagian depan, sangat cocok untuk ibu menyusui. Harganya hanya Rp150.000.  



   Naira dress ungu. Gamis berbahan batik Madura ini terlihat unik karena menggunakan dua motif yang berbeda antara bagian sebelah kanan dan kiri. Keduanya dipisahkan oleh kancing hidup yang terdapat di bagian atas hingga bawah dress. Produk ini dibandrol Rp500.000. 



Tuh kan.. lucu-lucu banget gamis batiknya. Tampak elegant dan pastinya mendukung karya anak bangsa. Gak perlu ragu lagi nih buat belanja gamis online. Kamu gimana? 

Komentar

  1. Gamis batiknya bagus bagus bangeeet. Kalau beli online di toko online terpercaya bikin kita nggak kuatir ya mbaaa

    BalasHapus
  2. Barang di qlapa emang keren2 ya...

    BalasHapus
  3. wah, bisa dicoba nih, belanja baju muslim di qlapa

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.