Laporkan Penyalahgunaan

Featured Post

Tags

Categories

ABOUT ME

I could look back at my life and get a good story out of it. It's a picture of somebody trying to figure things out.

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Template

Facebook

Most Popular

Langsung ke konten utama

Aplikasi Penjadwalan Posting di Media Sosial

Saat ini media sosial tidak lagi hanya sebagai jejaring kita untuk bersilatuhrahmi, tempat pembuangan sampah digital (alias curhat) atau kepoin status orang lain (eh!). Media sosial bisa dipergunakan juga sebagai sarana promosi, entah itu untuk postingan blog terbaru (bagi para blogger), promosi jualan (buat yang dagang online), sampai promosiin jualan orang lain (untuk para buzzer). Update statusnya sih gampang, tapi bagaimana dengan waktunya?


Menurut para pakar social media marketing setiap media sosial punya hari dan waktu yang tepat agar status yang kita posting itu dilirik oleh orang banyak. Nah, lalu bagaimana kalau di hari dan waktu yang tepat itu kita malah gak punya kesempatan untuk posting status? Masih mendingan dikit kalo update status itu untuk promosi kita aja, bagaimana kalau itu untuk promote partner bisnis kita?

Saya teringat sebuah true story yang diceritakan seorang social digital marketer dalam satu workshop beberapa bulan lalu. Ini true storynya Raditya Dika waktu awal-awal dia jadi buzzer salah satu produk. Jadi waktu itu Raditya Dika harusnya ngetwit di waktu yang sudah disepakati. Apa daya ternyata di saat itu Radiya Dika masih berada di pesawat dalam penerbangan ke salah satu kota (lupa gue, Jogja atau Solo). Mau diwakilin ngetwitnya juga gak bisa. karena Radit megang sendiri akun twitternya (dia gak pake asisten, ternyata). Pada akhirnya twit pesanan itu gak bisa diposting sesuai jadwal. Yah... :(

Aplikasi Penjadwalan Posting di Media Sosial

Nah, itu kejadian beberapa tahun lalu pada saat media sosial belum sesemarak sekarang dipakai menjadi lini promosi. Sekarang hal seperti itu sudah bisa disiasati dengan cara menjadwalkan postingan kita melalui aplikasi tertentu. Nih ya, saya bocorin tiga aplikasi yang saya pake dari sekian banyak aplikasi yang tersedia.

Buffer 

Aplikasi yang paling sering saya gunakan ini bener-bener helpful dan mudah digunakan. Pengguna memasukkan update an status di kolom 'Content' - Queue, (contoh : postingan terbaru di blog) dan Buffer akan mempostingnya sesuai dengan jadwal yang sudah disiapkan. Mengenai jadwal, sebenarnya Buffer sudah menyediakan waktu-waktu terbaik untuk postingan kita, tapi kalau mau diset sendiri juga bisa. Biasanya kan ada yang mau bedain waktu postingan di hari kerja dan weekend, silahkan masuk aja ke tab 'Schedule'  dan atur waktunya sesuai dengan keinginan. 1 hari kita bisa mengupdate postingan sampai 5 kali. Untuk mencari tahu seberapa besar impact dari update an status, bisa di cek di tab 'Analytics' - Post. Dari situ bisa kelihatan mana yang popular dan kurang popular sebagai bahan acuan kita juga kan? Toh kalaupun ada update an yang kurang berasa impactnya bisa di 'Re-Buffer' lagi kok. Tenang aja..

Social Media Scheduling AppsOiya, dengan Buffer kita bisa memposting 'update an status' sampai ke 3 akun media sosial yang berbeda seperti Twitter, Facebook, Google+,Pinterest, Linkedin. Di tujuh hari pertama, kita bisa menambahkan sampai 5 media sosial termasuk Pinterest. Setelah itu silahkan memilih apakah ingin tetap free dengan hanya 3 akun saja atau memilih program berbayar yang bisa sampai  10 akun media sosial. Saya sih milih yang gratisan, tentunya. Menurut saya sih itu sudah cukup untuk mempromote update an kita, 1 Fanpage Facebook, 1 Twitter dan 1 Google+.

HootSuite

Sebenarnya jauh sebelum saya menggunakan Buffer, saya sudah lebih dulu mengenal HootSuite. HootSuite adalah alat manajemen media sosial paling populer bagi orang-orang dan bisnis untuk menjadwalkan update an di Facebook, Twitter,Linkedln, Wordpress, Google+ dan Instagram dari satu dashboard berbasis web. Selain bisa mengelola update an di media sosial, HootSuite bisa dipakai untuk pelacakan percakapan dan mengukur hasil kampanye melalui web atau perangkat mobile. Penjadwalan bisa dipilih secara otomatis (Auto Schedule) untuk impact yang lebih baik (menurut HootSuite) atau bisa ditentukan sendiri sesuai keinginan pengguna. 

Perbedaannya dengan Buffer? Menurutku Hootsuite ini lebih lengkap karena kita bisa memantau akun-akun milik kita dari sosial media yang berbeda dalam satu halaman, lengkap dengan timeline, mention, RT, sampai message di Inbox. Hootsuite juga memiliki tab 'Analytics' yang menurutku lebih mudah dipahami, walaupun iyaah sih kalau mau lebih lengkap harus upgrade ke pro dulu a.k.a berbayar. Tapi tenang aja, HootSuite menawarkan layanan gratisan kok yang bisa mengakses 2 laporan Analytics (Twitter dan Facebook overview) meski tidak selengkap jika upgrade ke Pro. Yaiyalah! Lumayan sih buat yang mampunya gratisan aja kek saya :D 

Social Media Scheduling apps


Klout 

Duh asa pernah dengar di mana sih? Hahaha.. nih para Blogger yang selalu resah gelisah gegara Klout Score, pasti agak-agak gimana gitu ya membaca kata 'Klout'. Tapi iyah, emang bener Klout score yang menurut beberapa Blogger itu penting banget itu punya aplikasi untuk scheduling update status juga, hanya untuk Twitter saja. Laahh? Semacam Tweetdeck, dong.. cuma bisa scheduling update an twit. Yah gak gitu juga sih.. 

Social Media Scheduling Apps

Klout ini sebenarnya juga bisa dipakai untuk mengukur dan mentrack seberapa besar  impact dari akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Linkedn, Blogger, YouTube, Flickr, Foursquare, Pinterest, Tumblr, Wordpress, Last.fm, Flicker dan Yammer yang kita punya. Klout juga menyediakan waktu terbaik untuk ngetwit yang berbeda dengan Buffer dan HootSuite serta kita bisa mengetahui apa yang sedang trending sesuai topik yang kita pilih. In other way, jika akun kita sering memposting mengenai topik tertentu, bisa jadi Klout menganggap kita expert di topik tersebut dan memajangnya di side bar 'Top Expert'. Lumayan kan kalau ada yang mau follow akun kita :D. Bisa naik-naikin Klout Score, kan yah.. 


Social Media Scheduling Apps

Final Thought 

Sebenarnya masih banyak aplikasi penjadwalan posting di media sosial yang tersedia. Sebut saja Tweetdeck (aku juga pake ini sebenarnya), Seesmic, SocialFlow (hampir sama dengan Buffer), SpreadFast dan berderet aplikasi lainnya. Menentukan mau milih yang mana, tentu saja kembali dari selera masing-masing. Seseorang bisa saja menganggap Buffer ribet dan Tweetdeck lebih mudah, misalnya tapi yang lain mungkin lebih memilih Buffer karena lebih banyak media sosial yang bisa dihubungkan untuk satu postingan. 

Saya pribadi pada akhirnya memakai 4 (iyah, empat!) aplikasi untuk  penjadwalan posting media sosial, karena alasannya simple saja : semua aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa saling melengkapi. Berhubung saya juga selalu memilih yang gratisan pula, jadi kalau aplikasi yang satu sudah membatasi postingan saya untuk hari ini sementara masih perlu menjadwalkan beberapa postingan lainnya di hari yang sama, saya bisa menggunakan aplikasi penjadwalan posting di media sosial yang berbeda. Praktisnya, saya pun bisa menggunakan aplikasi-aplikasi ini di handphone atau tablet. Jadi gak ada cerita seperti Raditya Dika yang gagal posting twit berbayarnya gara-gara masih di atas pesawat. 

Nah, kalian gimana? Ada yang pake aplikasi untuk penjadwalan posting di media sosial? Share di bagian komen, dong. Makasih yah..  

Komentar

  1. Saya malah baru tahu ke-empatnya. Hahaha. Keliatan kalo kudet banget dan gak pernah njadwal aplikasi di sosmed. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga apa-apa mak.. mending kudet daripada kuper hihihi

      Hapus
  2. Dan baru tau apa itu KloutScore dari sini.. Sebelumnya pernah kepikiran untuk share postingan ke beberapa medsos, ternyata ada aplikasinya ya..cek play store..

    BalasHapus
  3. Oh Buffer itu ada yang gratisan ya? Pernah nyoba terus kayaknya udah gak bisa lagi karena harus upgrade, akhirnya pindah ke hootsuite

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada mak.. Kalo ada pop up untuk upgrade ke berbayar, klik diluar pop upnya aja. Kembali masuk ke dashboard akun kita kok.

      Hapus
  4. Mau nyobain yg disebutin di atas nih. Selama ini punya klout sih, tp ya gitu deh, gegara gaptek tak berkesudahan akhirnya ya klout cuma diliat2 doank hihiii... thks sharenya yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mak Uniek. Silahkan dicoba.. dicoba..Hhihii

      Hapus
  5. belum secanggih dikau mak, aku baru sekedar share share aja huhuhu
    makasih ilmunya mak

    BalasHapus
  6. Waah... Aku baru tau. Harus coba kali yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, dicoba. Biar gak ribet kalo mo update status.

      Hapus
  7. Wah baru tahu mak, thanks sharingnya ya. jadi penjadwalan itu ternayata ada hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga membantu kelancaran update statusnya yah :D

      Hapus
  8. Kl klout aku tau mba tapi yg 3 lagi baru dngar hihi kudet nih..jd bnyak tau dr postingan ini tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama.. Silahkan dicoba ya yang lainnya. Semoga berguna.

      Hapus
  9. baru kenal samaklout aja.itu aja masih raba2 cara pakainya. mak bisa jelasin cara pakaiklout ga? xixixix bikinin ya mak.#maksa #mintatutorial #nunggu artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Bagian mana yah yg sulit? Insya Allah ya mak, aku jelasin. Nantikan :D

      Hapus
  10. Salam kenal Mba. Bermanfaat bgt post nya nambah ilmu lagi hehehe.

    BalasHapus
  11. Wah saya pake klout aja deh, simple hootsuite pernah denger tapi belom nyoba, nyoba ahh hihihi. TFS mbak cantik :*

    BalasHapus
  12. Baru punya akun Klout. Selama ini aku baru tau tweetbot aja yang tulisannya Jepang. Teman sih udah lancar pakai ini klo aku mikir2 kudu terjemahin dulu ke Google translate buat tau apa yg diperintahkan. Belum tau juga cara ngeshare dari aplikasi ini. Bersyukur ada postingan ini jadi bisa buka buffer dan HootSuite. Tfs Mak.

    BalasHapus
  13. Hwaa pusying mak gak ngerti blass...kalo klout agak paham2 dikitlah. Btw, thanks ya sharingnya

    BalasHapus
  14. haha saya baru tau semua. ada yang buat di android ga?

    BalasHapus
  15. kalo hootsuit sama klout dr dulu udah pernah pake mak. tp krn g tau dg jelas fungsinya. makanya mutusin untuk g pake lg. kalo mau coba hootsuit donlotnya dmn mak. itu pakenya via oc atau mobile?? thx

    BalasHapus
  16. Makasih ilmunya, mba' . Maklum gaptek nih. Baru sekedar nulis.

    BalasHapus
  17. Yg terbaik? Yg berbayar hahahahaha. Saya suka Buffer, krn sdh langsung otomatis ada foto dri link yang kita masukkan. Hootsuite sbnrnya bisa, tapi harus dimasukkan secara manual. Cuma yah gitu karena aku ngambilnya gratisan di Buffer, jdi dibatasi tweetnya sampai berapa postingan aja perhari. Kalo berbayar sih ya enggak lah..

    BalasHapus
  18. Saya baru tahu kalau klout bisa menjadwal postingan :D

    BalasHapus
  19. kalau saya biasanya pake tweetdeck mbak :) dari twitter

    BalasHapus
  20. Dulu sering pake hootsuite waktu masih bantu temen ngurusin toko online-nya. Sering juga pake tweetdeck

    BalasHapus
  21. Uwuwuwuuwwu, makaciii banget yah, sharingnya.
    Penuh ILMU nih :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.