Laporkan Penyalahgunaan

Featured Post

Tags

Categories

ABOUT ME

I could look back at my life and get a good story out of it. It's a picture of somebody trying to figure things out.

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Template

Facebook

Most Popular

Langsung ke konten utama

Blogwalking dan Balas Berkunjung



Berhubung semalam drama Moonlight Drawn by The Clouds berakhir bahagia dan ntar siang akan diadakan event fansign di Gwanghwamun, dimana saya gak mungkin hadir, jadi saya ngeposting ini aja :  

BLOGWALKING DAN BALAS BERKUNJUNG

 

Pic from pexels.com

Dulu jaman masih fakir komen di blog ( eh sekarang masih sih!) seorang teman blogger kondang pernah ngasih tips "Rajin rajin blogwalking ntar mereka bakal balas berkunjung ke blog kamu."

I did it .. and until now it works! 

Nah, gimana kalau yang disamperin gak nyamperin balik? Jangan baper dulu lah. Ada beberapa sebab kemungkinan, mari kita analisa bersama (Halah bahasanya!) :

1. Blog yang Kamu Samperin adalah Blog yang NgeHits Abis  

 

Kalau blognya itu milik blogger kondang yang komennya bisa sampe puluhan bahkan ratusan (tanpa mereka ikutan balas komen) ya wajar. Mungkin mereka siwer. Gak sempat juga kali balas berkunjung karena waktu mereka dipake buat nulis postingan berikutnya.  Atau apalah yang lebih produktif dibanding samperin blog yang sudah komen satu-satu. Ya kale.. gitu. Jadi harap maklum. Jangan baper! Mending kamu blogwalking ke blog aku aja. Hahaha...

2. Belum Tahu Hikmah dan Manfaat Blogwalking 

 


'Tapi aku blogwalking ke blogger yang blognya sepi komen, kok.. Tetap aja gak di BW." 

Lihat sisi lainnya, mungkin beliau belum tahu apa arti blogwalking. Bahwa blogwalking itu menyambung silaturahmi, dll dkk dsb. Beberapa ada yang ngelikes doang di Facebook atau ngelove di Twitter dan gak mampir-mampir. Ada loh yang kayak gini. Jadi mereka kurang menyadari bahwa meninggalkan jejak berupa komen itu juga adalah salah satu bagian dari 'tatakrama perbloggingan di Indonesia'. 

Semacam bertetangga di dunia nyata lah. Tetangga kamu datang bawa penganan, ya masak pas balikin wadahnya gak masukin seloyang dua loyang Brownies di dalamnya. Meski mungkin gak sempat lama ngobrol di teras rumah at least tetap saling say hi sambil dadah-dadah sebelum berangkat ke kantor kan? 

3. Menganut Faham ' Published dan Lupakan' 

 

Kategori berikutnya biasa dianut oleh blogger yang mungkin (lagi-lagi) sibuk dengan kegiatan yang lain. Jadi begitu dipublished sudah gak ditengok-tengok lagi. Yang penting tuntas sudah curhat ini dipublished agar seluruh dunia tahu kalau Park Bo Gum itu ganteng.. (misalnyaaa...).

Saya juga terkadang menganut faham ini. Jadi tolong kalau ada yang belum di BW balik, colek saya lah di twitterland atau Instagram. Eh, sudah follow belum nih? Nyolek gak follow itu gak afdol loh.. Hahahaha *modus nambah follower* 



 4. Bingung Mau Nyamperin Blog Kamu yang Mana 

 

Ini khususnya buat kamu yang sering komen pake akun google. Biasanya meski sudah disediakan opsi tersebut, ada aja yang memilih memakai akun google nya. Yah mending kalau dari akun tersebut blognya cuma 1, kalau ada 5? 

Pic courtesy of pexels.com

Bisa jadi blogger tersebut sudah pernah BW kembali ke blog kamu tapi... blog yang satunya lagi atau yang satunya lagi. Coba dicek lagi deh. Oiya lain kali boleh loh isi di opsi 'name/url' aja. Biar blogger yang kamu BW in itu gampang nyamperin balik hanya dengan satu klik aja. Simple kan?   

5. Sudah Balas Berkunjung Tapi Gak Komen Karena Komen di Blog Kamu Ribet Banget! 

 

Saya sering mengalami kejadian kek gini. Pengen komen tapi kok 'tingkat keamanan'nya berlapis-lapis. Sudah harus centang 'I'm not a Robot' masih harus ceklak ceklik gambar 'etalase toko' lah.. 'marka jalan' lah, ngitung 2 + nine lah. Hihihihi... Saya merasa ikut test psikotest loh. Jika ini terjadi, saya biasanya nitip komentar di FB saja. So at least they know, I was there but i can't comment.

Memang ada baiknya mengaktifkan verifikasi komentar, apalagi jika kita memilih settingan 'anyone' can comment di blog. Saya pribadi lebih memilih untuk memoderisasi komentar. Selain saya jadi tahu siapa aja yang komen di postingan apa, saya bisa lebih gampang blogwalking kembali. 


Pic courtesy of pexels.com

Nah, itulah hasil analisa ecek-ecek saya. Apapun jangan sampai berpikir bahwa mereka egois dan sombong samapi tercetus dalam hati,"Tulisan gak bagus-bagus amat, trafik rendah, eh disamperin malah sombong banget." Jadikan pelajaran buat kita aja. Sekondang apapun dirimu apalagi baru pemula (kek akyuuuu..), kalau ada yang komen sebaiknya disamperin balik. 

Ya toh? 

Atau perasaan saya aja nih? Hehehe.. Menurut kamu gimana?

Komentar

  1. Ini nih yang paling sering aku alamin. Udah berkomentar sana-sini, udah follow sana-sini. Malah nggak dikomentar dan difollback deh. Kan kasian aku nya hihi :p

    BalasHapus
  2. Biasanya kalo disuruh ceklis I'm not a robot sama verifikasi gambar gambar artinya kita lagi kebanyakan ngomen, Mbak. Hahah :D Jadi dianggap spam sama Google. Aku sering ngalamin sik, apalagi kalok lagi rapelan. Wkwkwk.

    Iyah. Ada jugak yg emang males ngunjungin balik. Tapi gak papa lah, anggep aja nanem link :p

    BalasHapus
  3. Saya biasanya bingung mau komentar apa kalo berkunjung di blog orang lain. Takutnya yg punya blog ga berkenan

    BalasHapus
  4. jujur saja saya ada di poin 3, balas komentar sj kadang ad yg udah lewat seminggu br baca, sebenarnya gak mau seperti itu, tp emang gak sempat buka. Jadi sy paling sering balas komen kalau mw ngepost, sekalian manfaatkan waktu buat baca n komen post.

    BalasHapus
  5. Salam kenal dari Bunda, keknya kita belum frenan, deh. Oya, tentang BW dan segala cerita mengenai BW, bunda selalu berusaha sebelum membalas komentar mengunjungi dulu blok si Pegomentar. Setelah itu baru deh balas.

    BalasHapus
  6. Ouppss lupa memperkenalkan blog saya

    BalasHapus
  7. bener banget yg 4 n 5.
    klo aku ini penganut rapelan bw..jd klo lagi gak sempet krn beneran sibuknya ga bs disambi kadang 5 postingan baru ku rapel bw...jd yaa mmg agak telat tp yang penting aku dah bw..kayak 2 bulanan ini nih, ngrapel muluu

    BalasHapus
  8. Kalo aku pribadi bw niatnya cari inspirasi sih mba. Kadang jadi memotivasi juga untuk rajin nulis.. Misalnya kemarin mau nulis lomba tapi masih stuck tetiba nyasar ke blog orang yang udah posting lombanya. Wihh mendadak semangat nggak mau kalah :))

    BalasHapus
  9. Saya sih masih BW walaupun gak dikunjungi balik, tapi lama-lama biasanya gak BW lagi, bukannya apa-apa, saya BWnya memprioritaskan yang sudah komen, biasanya terlupalah blog itu, karena jarang buka daftar blog yang difollow. :D

    BalasHapus
  10. Artikel menarik terutama bagi says yang blogger pemula. Saya nitip kasbon eh komen di sini siapa tahu ddikunjungi balik, hehehe asyik dong hehehehe...

    BalasHapus
  11. Aku kl gg BW itu sibuk di dunia nyataa, jujur akhir2 ini waktu ngrblog semakin berkurang..hiks

    BalasHapus
  12. baper kayaknya enggak deh tapi...keterlaluannnn hehehe gak ding. kalo saya mah sekarang emang lagi target visiting tapi mereka ga harus BW balik karena saya tau tiap orang pasti punya kesibukan yang berbeda di banding saya yang jobless wakwakkk

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Blogwalking memang sangat penting sekali ya mbak untuk membantu kelangsungan dan juga kemajuan dari blog itu sendiri, dan memang manfaat dari blogwalking ini sangat muantappp sekali kalau saya rasakan mah.

    BalasHapus
  15. Aku udah sering berkunjung kek blog ini, tapi kok jarang dikunjungi balik yah. #kodekeras

    Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kamu masuk kategori nomer 4 dan 5. Coba di cek lagi. :D

      Hapus
  16. Iya kadang mau komentar balik, banyak verifikasinya ya mbak..

    BalasHapus
  17. Saya banget tuh. Secara saya nge-blog sudah lama tapi jarang diisi plus ditengok. Nah, baru-baru ini saya mau kembali aktif dan........ketika melihat tulisan-tulisanku ternyata ada komen yang sudah bertahun-tahun masuk tapi tidak dibalas. Hikz, kejamnya diriku........

    BalasHapus
  18. Kalau aku malah kebalikannya mbak, aku jarang ngelike lebih banyak langsung klik tautannya dan komentar. Memang betul yang mbak bilang tadi kaau blogwalking itu salah satu etika perblogingan, nyapa tetangga. hihihi :D

    BalasHapus
  19. aku mah, kalo BW ga ngarepin unjungan balik kok mbak :D.. sadar diri soalnya ;p hihihihi... kalo memang blog itu aku suka, walopun ga penah dibalas kunjungan balik, ya sudahlah ya ;p.. toh tulisan dia memang bgs, dan aku suka bljr dr sana.. ;).. dan insya Allah semua yg komen bener di blogku jg aku dtgin lg kok... beberpa tipe yg aku ga mau BW, itu kalo komennya di blogku jg ga ikhlas,. keliatan lah ;p..

    cuma komen, "makasih infonya", "fotonya bgs bgt", ato komen2 yg ga penting ato malah ga nyambung.. kliatan g baca dengan bener :D.. nah yg ini nih, yg aku males dtgin lagi.. tp pernah jg, ada yg komen di aku, bgs isinya, trs aku kunjungin balik, tapi ya ampuuun, tulisannya pake font rapet2, trs size paling kecil pulaaa.. udahlah mataku minus, silindris, disuruh liat begituan, ya nyerah :D.. jd maap kalo ga dikomen balik ;p

    BalasHapus
  20. ada juga orang mmg sudah bawannya kali ya hihihihi

    BalasHapus
  21. Saya tipe yang (sok) sibuk dengan kegiatan lain. Jadi biasanya baca saja. Niatnya nanti baru ngetik komen, tapi selalu kelupaan. Hehehe

    BalasHapus
  22. Halo Mbak. Lagi blogwalking nih ehehehe. Mbak lucu banget nulisnya, jadi seneng bacanya. Makasih tulisannya membantu bgt buat saya yang jarang 'ninggalin jejak' hehe. Salam kenal!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh ini contoh nyata poin nomer 4. Sudah ada opsi 'name/url' tapi masih pake profil Google. Jadi harus buka profil kamu dulu baru bisa nyamperin ke blog kamu. Sudah gitu pake nitip nama blog berdot com di pula di badan komen. Sorry yaa Justin Larissa, komennya saya edit. Lain kali jangan gitu lagi ya. Makasih

      Hapus
  23. Komen deh...biar ditau kalo udah mampir ke sini :)

    BalasHapus
  24. aku tipe yang BW dan komen kalo postingannya menarik bagiku dan aku bisa nyambung ngobrol soal postingan yang aku komenin. soalnya kalo postingnya ga nyambung dengan interest aku, aku juga ga bisa komen apa apa hahaha

    BalasHapus
  25. Holaaa...
    Ini BW perdana dari dara uhuk, mahmud dari bumi Borneo.
    Langsung aku follow deh twitter dan IGnya. Habis sukak sama gaya tutur tulisannya. Gue banget gitu. Uhuk! Buktikan deh dengan kunbal. Hahaha... modus mode on

    BalasHapus
  26. Aku selalu upayakan BW, mba. Apalah aku blogger wannabe. Aku pikir kalo yang balas, mungkin lagi sibuk :)

    BalasHapus
  27. Mhhh.. Saya sih biasanya lupa kl ngak kunjung balik, tapi krn saya kepo dg yg datang ke blog saya jd jarang jg ada yg terlupa dikunjungi balik

    BalasHapus
  28. Hihi iya juga mba, aku pernah ngerasa berapa kali udah bw udah komen tp gak pernah dikomen balik, ternyata emng bloher ngehits bgt yaaa. Jadi masuk yg poin 1 itu.. :D Klo skrg lebih dibawa santai aja, gak baper lagi. Tulisan yg mnurut aku bagus, menarik dan brmanfaat, aku bw n komen tp klo gak dikunjungi balik yowis akurapopo.. :D

    BalasHapus
  29. Aslinya saya suka jadi silent reader, tapi betul sekali BW alias blogwalking dengan meninggalkan komentar bisa jadi sarana untuk blogger lain mengunjungi blog kita... hanya saja, masalah klasik yg sering dijumpai adalah komentar spam...hihihihi

    BalasHapus
  30. Saya suka BW balik yg suka komen ke blog saya mereka menghargai hasil karya saya tentunya saya timbal balik meskipun kadang tulisannya ga sesuai dengan saya. Bagi saya BW krn kepo memang klo nulis ttg A versi bloger itu gmn?itu saja semoga mba Vita baca dan berkenan mampir ke blog saya yang masih bebi hehehehe :p

    BalasHapus
  31. Jarang BW karena tertumpuk kesibukan di dunia nyata. Tapi begitu ada kesempatan duduk manis, langsung BW kok. Pengen tahu yg lg rame dibahas di dunia blogging sih hehrhe salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  32. Hai Mba, pengunjung lama tapi baru perdana komen nih maaf yaa hehehe. Makasih lho Mba analisanya, saya jadi tahu alasan dibalik penggunaan Name/URL untuk kemudahan kunjungan balik, saya kemarin mikirnya biar bagus aja gitu ada fotonya kalau pake akun google *narsis* :p

    BalasHapus
  33. hahahaha,, aku dulu juga model yang publish trus udahh,, sekarang juga masih suka gitu kalo lagi riweuh,,, trus yang bagian ke5 itu juga bikin males *ketauan banget malesnya *ngumpet

    BalasHapus
  34. ibarat kerupuk, materi-materi yang ada di dalam blog ini sangat renyah sekali untuk dibaca.

    Saya setuju nih, BW sangat penting untuk kesehatan blog juga. Karena terkendala sesuatu saya jadi gak pernah BW, alhasil ranking alexa terun drastis.

    BalasHapus
  35. Pernah nih pengalaman BW, udah capek2 nulis ternyata di blocking alias gak boleh komen. Padahal disitu pesennya ngundang lho..

    BalasHapus
  36. Kalo aku BW sering dapat no 5. Yang parah, pernah sudah begitu itu, eh taunya pas diakhir dibilang gak boleh komen. Hahaha.. Padahal sih pesennya ngundang banget..

    BalasHapus
  37. Dari dulu sampai sekarang Blogwalking memang sangat bermanfaat sekali.
    Salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
  38. terima kasih banyak kak, artikelnya sangat membantu untuk menaikan pengunjung web jualan saya www.jaketmurahbandung.com sukses selalu
    salam ^_^

    BalasHapus
  39. Dulu pas masih jaman ngeblog yang isinya alay, malah sering blogwalking. Sekarang blog udah rapih, tulisan ga begitu alay, eh blog sepi. Lupa kalo ga pernah blogwalking. Sedih.

    BalasHapus
  40. Ada benarnya juga sih mbak. Kadang verifikasi keamanan yang terlalu berlapis, suka gemes sendiri kalau nggak load sempurna. Btw, akhir-akhir ini saya suka blogwalking. Lumayan banget mbak buat nambah-nambah wawasan dan sudut pandang :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.