Laporkan Penyalahgunaan

Featured Post

Tags

Categories

ABOUT ME

I could look back at my life and get a good story out of it. It's a picture of somebody trying to figure things out.

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Template

Facebook

Most Popular

Langsung ke konten utama

Berani Lebih : Lebih Berani Nyetir Sendiri

Kebanyakan perempuan merasa cukup nyaman dianterin kemana-mana. Alasannya bisa jadi beragam. Ada yang memang belum punya kendaraan pribadi, ada juga yang gak mau repot, beberapa mungkin merasa belum cukup berani untuk menyetir kendaraan sendiri.  Memikirkan nyetir sendiri rasanya  sudah deg-degan apalagi  melihat para pengendara mengunakan jalan seenak hatinya aja. Belum lagi 'teror' musiman dari genk motor. Duh jadi tambah gak berani deh!

Memang bagi kebanyakan perempuan butuh ekstra keberanian untuk menyetir. Kalau ekstra keberanian itu ketutupan dengan rasa takut, ya sudahlah gak bakal bisa impian nyetir sendiri itu terwujud. Saya juga seperti itu waktu pertama kali nyetir. Kalau gak nekat, mungkin sampai sekarang saya masih dianterin kemana-mana atau naik transportasi umum. Belum lagi pemeo yang beredar dikalangan umum bahwa PEREMPUAN GAK PINTER NYETIR bisa jadi kebawa-bawa ke alam bawah sadar. Padahal, perempuan bisa nyetir kok, pinter malah. Asalkan mau belajar ..



Setelah belajar nyetir dari jaman Candi Prambanan belum berdiri bareng Roro Jongrang sampe jaman Bella Swan  dikasih hadiah mobil sama Edward Cullen, akhirnya sudah hampir dua tahun ini saya nyetir sendiri kemana-mana.

Ketika diawal-awal nyetir, mati dalam sudah jadi momok menakutkan bagi saya. Mobil mati karena dilepasnya injakan kopling dan gas tidak selaras. Yasaalam aja  jika ini terjadi kalau di tengah-tengah traffic yang padat atau di jalan yang menanjak.Apalagi kalo sudah ada yang klakson di belakang. Hadeuh, keringat dingin walaupun mobil pake AC tidak bisa dihindarkan. Lengkap sudah, grogi dan panik jadi satu. Deg-degan poll!!

Muter di belokan U aja hati-hatinya minta ampun. Ada juga pak ogah cepean yang keki karena saya terlalu sibuk merhatiin motor yang gak nyalip sampai gak ngasih mereka seribuan. Belum lagi masalah parkir. Maju mundur cantik sampai lurus itu selain bikin senewen. Ini  juga berpotensi bisa merubah tukang parkir menjadi Syahrince. Maju mundur cantik..



Pernah suatu kali mobil hampir nyungsep di got gara-gara truk sampah mengklakson dan menyalip di belokan. Truk sampah segede transformer sukses bikin saya panik dan banting setir. Untungnya mobil gak jadi nyungsep cuma menyerempet mobil dari arah berlawanan. Mobil yang diserempet ternyata mobil punya polisi pula,coba! Duit 100 ribu melayang dengan ucapan,"Kantor saya disebelah kantor bapak loh.. (sambil nyebut nama provider telco yang mengendorse iklan tata tertib lalulintas). Gak ngaruh, duit 100 ribu tetap aja buat ganti rugi penyok bempernya. Duh!

Ketika pun akhirnya nekad nyetir lagi,  awal-awalnya sempat  nyerempet  dan diserempet, bumper depan penyok dan penyokin pintu mobil orang lain juga. Berenti lagi? Gak! Saya mempertebal doa mudah-mudahan gak kejadian lagi dan lebih hati-hati. Karena kalau gak gitu, mau berapa kalipun belajar nyetir gak bakal bisa nyetir sendiri (lagi). Alhamdulilah dari jaman mobil manual yang diberi nama 'Kyu', lalu ganti jadi mobil matic bernama 'Siwan' sudah dapat pengalaman yang mudah-mudahan bisa menginspirasi dan memberi semangat untuk para perempuan nyetir sendiri.

Baca juga : Tips Berkendara Aman dan Nyaman 


Mudah-mudahan berguna. Saya pengen banget menyemangati para wanita untuk nyetir sendiri bukan buat gaya-gayaan aja. Selain bisa memudahkan aktifitas, juga mana tahu ada kondisi darurat disaat tak ada suami/saudara/bapak/supir yang bisa mengantar. Sekarang tergantung lagi nih pada pribadi masing-masing, siapkah? 

Komentar

  1. Wakwakkakak, aku belum pernah nyetir mobil sendiri :D kalo nyetir motor mau ke ujung dunia pun ayo aja :D

    BalasHapus
  2. Qiqiqi... Jadi inget pertama kali nyetir sendiri, tiap ada tanjakan dari jauh aku slalu berdoa semoga pas di deket tanjakan itu pas ga macet.. Takut banget kalo pas lepas rem tangan mobil tetiba mundur.. Buahaya kan kalo yang dibelakang mepet banget..

    BalasHapus
  3. wah bener banget mbak, kalau berhenti ditengah jalan trus diklakson2in dr belakang walaupun ACnya uda paling banter tetep aja keringat mengucur deras hahhaa...

    BalasHapus
  4. insya allah akupun mau #lebihberani nyetir sendiri nih. hehe sukses untuk GA nya ya mbak :)

    BalasHapus
  5. Belum bisa nyetir. Apalagi sejak menikah dan suami bisa nyetir. Jadi bergantung :(

    BalasHapus
  6. Haha...kalo belom bikin penyok mobil, nggak mahir-mahir, mak. Keinget dulu belajar pas SMA nabrak tempat sampah tetangga sampe ancur tempat sampahnya. Trus, sampe bikin tembok garasi rumah jebol gara-gara kutabrak. Setelah itu, lancar deeeeh...sampe hamil tua pun masih nyetir ke mana-mana sendirian. Kepaksa. Suami di luar kota dan saya nggak bisa naik motor pula. hiks.

    BalasHapus
  7. Aku belum bisa berani lebih untuk nyetir, soalnya belum ada mobil, hahaa....

    BalasHapus
  8. Sip! Aku blm punya nyali....baru bljr sekali di lapangan....giliran turun ke jalan, takut!

    BalasHapus
  9. Hahahha... pengalamannya heboh ya mak... alhmdllh sy trmsk yg pede n nekad dlm nyetir...sejak sma suka nyuri2 make mbl bokap... :)

    BalasHapus
  10. Hahaha baca pengalaman belajar nyetir Mbak Vita ini jadi keingat pernah nabrak tiang lampu rumah orang

    BalasHapus
  11. pengen banget bisa nyetir, tapi mpe sekarang belum brani juga untuk memulai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayolah mba.. just in case for emergency only.

      Hapus
  12. namanya belajar pasti banyak kejadian lucu yang dapat diingat ya mbak.Semoga nyetirnya lebih berani lagi ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba.. Sekarang sdh berani dong. Sudah ngebut dan nyalip truk segala *eh*

      Hapus
  13. Aku diajarin temenku supaya gak mundur pas berenti di tanjakan curam dan lama pake handbrake. Kalo mau jalan segera tempel gas dan 1/2 kopling, liat jarum jam rpm di angka 1500 sudah dipastikan ketika handbrake dilepas maka gak bakalan mundur. Jd kalo mau lepas handbrake liat aja jarum rpmnya. Kalo dibawah 1500 kemungkinan masih mundur. Kalo tanjakan sebentar biasanya saya main kopling dan gas. Kalo berenti agak lama baru main handbrake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener itu mas.. Tuh yaa yg lain bisa ngikutin tipsnya Marco

      Hapus
  14. saya baru kursus mobil dan lumayan bisa terus om saya bilng "ah perempuan mah beda sama cowo refleknya kurang percuma kursus juga ngabisin uang" saya buktiin tuh, babeh ngikut duduk di sebelah katanya pengen liat hasil kursus mbil,pas jalan babeh bilang "kamu udah lancar na kirain ga bisa" . awalnya dia sewot terus, terlalu kepinggir lah ini lah itu lah,dan babeh pun akhirnya duduk manis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan! Emang harus diberi bukti. Ciyee sudah bisa nyetir sendiri.. selamat ya mba! Drive safely.

      Hapus
  15. Suka baca tulisan di atas, soalnya saya sedang mengumpulkan keberanian untuk kembali nyetir di jalan^^

    BalasHapus
  16. Tanjakan securam-curamnya sy belum pernah make handbrake lebih suka make rem kaki aja. Udah terbiasa. Kalo mau jalan kaki kiri 1/2 kopling trus lepas rem langsung injak gas, tapi ati2 kadang suka mundur dulu baru maju, yg penting kaki kanan cepet mindahin rem ke gasnya.

    BalasHapus
  17. aku baru selesei kursus mba, suami udah beliin mobil second matic karena mau ditinggal kerja jauh ke luar pulau. takut mba... tapi terpaksa harus bisa yah biar mobile sendiri mudah kemana-mana. masih grogi tapi udah lumayan lancar dijalan.. hehhee... tulisannya mba bikin semangat walau belum ada kejadian aneh-aneh sih dijalan, (mudah2an jangan) hehe ...

    BalasHapus
  18. Pengalaman msh belum mahir nyetir ditanjakan panjang ada truk mogok. Begitu smua dah jalan giliran aq yg gak bsa jalan malah mundur nyeruduk sedan dibelakang. Wkwkwk jadi deh diomelin plus dikata2in ma mobil angkutan pindang yg emang sllu buru2 itu. Tp tu kejadian be2rapa tahun silam..klo skrg ikutan petualang ke tebing2 insya Allah hayok ajaa

    BalasHapus
  19. Pengen ikut kursus menyetir mobil tapi mental belum siap... klu motor sih sudah bisa, sudah pernah perpanjang sim C. Keinginan ada tapi keraguan juga ada. Duuhhhh...

    BalasHapus
  20. Pengen banget ikut kursus mengemudi mobil tapi mental gak siap. Seberapa jauh tingkat kesulitan mengemudi mobil dibanding mengemudi motor? Karena Aq bisa mengemudi motor, tapi giliran mau belajar mengemudi mobil selalu sengaja ditunda karena tak punya nyali. Duuuhhh,,,

    BalasHapus
  21. Pagi mba, saya juga lg belajar nyetir. Suapaya gak melulu menggantungkan aktifitas sama suami... Semangat

    BalasHapus
  22. Mba, link dibawah kepotong tuh acnhornya :)

    By the way, percaya ga percaya sih ini. Dulu waktu nyetir pertama kali ga pake belajar, langsung ke jalan raya + macet2an di tanjakan. Itu gila sih buatku :))

    BalasHapus
  23. Saya dr th 2014 dah bisa nyetir cm krn lbh suka motoran jd jrg bw mobil, motoran bs nyelip2 ama nyari jalan tikus 😉 tahun 2015 kmrn dipaksa kakak pegang lg, tyt msh oke...dah py sim a jg...tp krn suami skrg dah jago nyetir akhirnya lbh suka duduk di kursi navigasi...yg jelas kalo kepepet saya bisa 😁

    BalasHapus
  24. Lagi proses belajaar.. sengaja cari artikel ttg tips Berani Nyetir! Ternyataa mmg semua pengalam begitu jg yaaa.. keringat dingiiin.. okelah, kumpulkan semangat&keberanian lagiii

    BalasHapus
  25. Finally setelah dua bulan belajar mobil itupun cuma sabtu minggu doank diajarin suami tercinta, akhirnya memberainkan diri untuk nyetir muter2 komplek sendirian..suami lagi ngantor 😂 daaannn sukses cyinn.. Alhamdulillah.. padahal jalanan komplek sayah cuma muat dua mobil aja. Senangnya sayah bisa nyetir sampe ga percaya.. hahaha... Yg penting kita PD aja lagi. PS: kalo mau belajar nyetir sendirian liat2 waktunya, pilih jam2 yg enggak crowded, InsyaAllah aman terkendali 😍😘

    BalasHapus
  26. okey, semoga aku bisa. hampir hilang nyaliku

    BalasHapus
  27. Mb Vita, artikel harus berani nyetir ini bikin saya senyum senyum sendiri ingat pengalaman yang sama saat berhenti di traffic light yg menanjak, pertama kali nyoba bawa mobil sendiri eh waktu mau jln malah mundur lg dan di klaksson mobil belakang bikin deg degan takut nabrak dan memang bener bgt serasa panik, ac aja ga terasa saking ribetnya ngurus 1/2 kopling. He..he..

    BalasHapus
  28. Iya mba.. aku juga habis belajar nyetur di tempat kursus. Tp koq habis itu nyalinya hilang lagi yaa. Padahal pengen banget bisa lancar nyetir sndiri. Tp baru niat bawa mobil sndiri malah nyalunya ciut lg. Kapan bisanya klo kayak gini trs. Hufft..sampe stres dwh mikirnya

    BalasHapus
  29. kalo ada tikungan , usahain setengah kopling oper ke gigi 2 trus tarik rem tangannya

    BalasHapus
  30. hari ini baru mulai belajar mobil,ternyata beda banget ma nyetir alat berat karena posisi driver ad ditengah(alat berat) jd bs ngira" kiri n kanan nya ditambah matic jd tinggal gas n rem aj.td pas bawa mobil posisi setir ad dikanan jd grogi liat kiri n kanan.hr pertama belajar sih lancar untuk di jalan lurus n rada macet sempit(cm lom berani di jalan besar).untuk tikungan dah lumayan bs.parkir jd dah lumayan,cm di tanjakan yg masih keringat dingin.suka mati2 n lupa ngelepas kopling jd mobil cm ngerung" aj ga mo jlan ����.besok mo belajar lg pokoknya jng kapok dah ,lecet sama nabrak mobil/motor orang mungkin dah resikonya.

    BalasHapus
  31. Aku sedih sekali belajar mobil manual susah kadang bingung main gigi n kopling.. Tp klo matic udah lancar sih.. Sayangnya gak pnya mobil matic adanya manual..

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah... Sudah setahun aja bisa bawa mobil. Dan skrg udah main2 ke mall.. kalo dulu keringetan tangan gemeteran 😁 Skrg asik aja..tapi ada juga sih groginya dikit. Skrg udah bisa antar2 nyokap, pergi sama ibu2 komplek. Yah pokoknya bangga lah bisa nyetir sendiri 😂😘

    BalasHapus
  33. Hihiii mau share bunda, tante,... Saya baru latian nyetir Mobil nih. Alhamdulillaah tadi pertemuan ketiga udah muter2 kota didampingi instruktur, latian tanjakan juga. Emang susah2 gitu yaaa main setengah kopling wkwkwk.... Nah parahnya, pas pertemuan pertama baru latian tikungan, niatnya mau nginjek rem, eh malah nginjek gas wkekek....alhasil Mobil nabrak tembok semen pembatas yang tingginya 20 cm, sampe roda depan kanan ikut nglewatin pembatasnya hahaaa.... Udah gitu ban dalamnya sobek, alhasil Pak instruktur harus dongkrak mobilnya hihiiiiiiii.... Hari pertama latian udah repotin instruktur

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.