Laporkan Penyalahgunaan

Featured Post

Tags

Categories

ABOUT ME

I could look back at my life and get a good story out of it. It's a picture of somebody trying to figure things out.

Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Template

Facebook

Most Popular

Langsung ke konten utama

10 Facts About Misaeng

Misaeng lagi... Misaeng lagi..
Gue gak bisa berhenti ngomongin Misaeng sejak K-drama ini gw tonton. Gue ngomongin ini di Facebook, Twitter, Path, LINE, BBM, jam siaran radio program Korea gue, rekomendasiin ke teman-teman, di forum, ditulis pula di blog. Kayaknya kalo ada fan hardcore award,gue harus masuk nominasi. Gak tahu deh kalau ada yang menganggap gue jadinya ganggu abis kek Han Suk Yool. Yang jelas kalau dua postingan kemarin mengenai review dramanya (disini dan disini), sekarang akan gue beberkan fakta-fakta dibalik pembuatannya.

10 Facts About Misaeng 


1. Misaeng Based on Webtoon Series

Misaeng Webtoon on Daum
Misaeng Webtoon on Daum
Kalau di Jepang ada manga, di Korea ada Manwa dan yang sekarang lagi ngetrend adalah Webtoon alias komik yang bisa dibaca via website atau aplikasi smartphone. Misaeng yang ditulis oleh Yoon Tae Ho ini adalah salah satu webtoon yang populer tahun 2012-2013 dengan 1 juta hits. Saat akhirnya Misaeng dibuat dramanya dan menjadi populer, Misaeng versi cetak (manhwa) pun diluncurkan dan berhasil terjual 2 juta copies. Dae..bak!! Katanya gara-gara Misaeng ini jadi lebih banyak perempuan berusia 20-30 tahun yang membeli dan membaca Manhwa. Padahal Misaeng ini jauh dari cerita-cerita romantis ala-ala komik cantik. Misaeng sendiri fokus pada seputar struggle dari Jang Geu Rae di dunia kerja dan tidak menyelipkan kisah percintaan. Gimana mau ada kisah percintaan, naksir aja Jang Geu Rae gak berani bagaimana mau pacaran apalagi cinta segitiga. Hihihi

2. Kim Won Suk Director is a big fan of Misaeng Webtoon

Makanya sejak membaca webtoon Misaeng, Kim Won Suk sudah niat banget mengangkat Misaeng ke layar kaca. Ternyata yang menawari Yoon Tae Ho bukan cuma Kim Won Suk aja, banyak banget. Tapi pada akhirnya Yoon Tae Ho memberikan hak pembuatan Misaeng ke dalam bentuk drama pada Kim Won Suk. Alasannya karena Kim Won Suk janji gak akan memasukkan kisah romance ala tipikal drama Korea yang biasanya dibuat. Dia harus stick to the webtoon, and that's sealed the deal! Misaeng kemudian dijadikan drama highlight TvN untuk anniversary yang ke 8. FYI tambahan, Kim Won Suk adalah salah sutradara di k-drama Sungkyunkwan Scandal, jadi jangan heran yah kalau sinematografinya keren-keren. 

3. Misaeng Pre-Production Took 2 Years 

Dua tahun untuk persiapan sebuah drama? Itu mau bikin film atau drama? Sinetron Indonesia aja cuma seminggu sudah bisa langsung syuting aja (ngambil skenario jiplakan, modifikasi dikit, syuting seadanya pagi siang malam, tayang deh!) Untungnya Kim Won Suk bukan tipe seperti itu. Dia adalah seorang sutradara yang sangat perfeksionis. Scene di Jordan saja memerlukan ribuan kru dan figuran dan peralatan yang biasa dipakai untuk membuat film layar lebar. Misaeng juga merupakan k-drama pertama yang mengambil lokasi syuting di Jordan dan mendapat banyak perhatian masyarakat Amman.

Siwan in Jordania
Im Siwan : Jadi kalau beli Kebab yang enak lewat situ ya? 
Sebelum drama sepanjang 20 episode diproduksi di tahun 2014, setahun sebelumnya dirilis prequel Misaeng yang ditayangkan versi web. Ada 6 cuts untuk masing-masing 6 karakter :  Jang Geu Rae, Ahn Young Yi, Jang Baek Gi, Han Suk Yool, Oh Sang Sik dan Kim Dong Shik saat mereka masih muda (atau lebih muda dari versi 2014). Dari 6 pemeran di prequel, hanya Im Siwan yang lanjut berperan sebagai Jang Geu Rae dewasa. Tapi bukan berarti proses castingnya menjadi lebih mudah, karena ternyata banyak aktor dan aktris yang menolak tampil di Misaeng drama. 

4. Everyone Including Im Si Wan Rejected the Role of Jang Geurae At First

Untuk menemukan aktor yang pas memerankan Jang Geu Rae ini susah susah gampang. Setelah mengcasting Lee Sung Min sebagai Oh Sang Sik, Moon Geun Young pun sempat ditawari bermain dalam drama ini. Sayangnya (atau untungnya?) batal. Karena pada akhirnya Kang Sora lah yang terpilih menjadi Ahn Young Yi. Begitu juga dengan karakter Jang Geu Rae. Sang Sutradara maunya aktor yang berkualitas tapi begitu banyak nama yang yang ditawari semuanya menolak, termasuk agency Im Siwan. Padahal Im Siwan sendiri yang memerankan Jang Geu Rae di prequel Misaeng. Selain Im Siwan, aktor Lee Je Hon juga sempat ditawari tapi dia menolak. Duuh Siwan, untungnya kamu yang jadi Geu Rae... Gak kebayang kalo orang lain. Emang sudah rejeki gak bakal kemana ya, Bang... :) *peluk Siwan dari belakang*

Jang Geu Rae and Mom Misaeng
Boleh gak ahjumma ini gue crop mukanya ganti dengan foto gue?

5. Lee Sung Min Recommended Im Siwan for Jang Geu Rae Role

Aktor yang pertama kali di kasting sutradara dan langsung menerima tawaran bermain di Misaeng adalah Lee Sung Min. Mereka sudah membicarakan kerjasama ini saat setahun sebelum Misaeng diproduksi. Menurut sang sutradara, akting  Lee Sung Min sangat kuat sekali memerankan karakter Oh Sang Sik, walaupun secara fisik tidak seperti penggambaran di webtoon. Makanya saat kasting peran Jang Geu Rae sang sutradara menginginkan aktor berkualitas yang bisa mengimbangi akting Lee Sung Min sebagai Oh Sang Sik. Sang sutradara pun menerima masukan dari Lee Sung Min sendiri yang mengusulkan agar aktor yang akan memerankan Jang Geu Rae haruslah aktor yang berimej bersih, baik hati, dan ramah. Menurut Lee Sung Min,  Im Siwan sesuai kriteria tersebut.Walaupun sudah sempat ditolak oleh pihak agency Star Empire Entertainment, pada akhirnya Im Siwan secara pribadi menerima tawaran tersebut. Duh Lee Sung Min ahjussi..rekomendasiin gue juga dong jadi pendamping hidup Siwan.. kkkk... *digeplak massa*

Focus on Work K Drama
Ok, baiklah chajangnim.. Janji yaaa....


K Drama Misaeng
Ok siap, chajangnim *makin berbunga-bunga*

Im Siwan Misaeng
Huahhhhuhuhuhuhuhhuhuhu..... Jang Geu Rae, kamu jahat *nangis di rooftop*
Misaeng K Drama
...Ini akan menjadi Meme yang panjang jika diteruskan 

6. Ahn Yong Yi (Kang Sora)  and Assistant Manager Ha (Jeon Suk Ho) Were Supposed to Have a Love Line


Misaeng adalah salah satu drama yang mempunyai kisah cinta paling minim dan ini membuatnya menjadi drama yang tidak biasa. Menurut sang sutradara, pada awalnya dia ingin mengembangkan kisah antara Ahn Yong Yi yang sering diperlakukan kasar oleh asisten managernya menjadi kisah cinta. Tapi mungkin karena sudah kadung janji dengan webtoon writer untuk tetap pada dasar cerita Misaeng yang tanpa cinta-cintaan itu akhirnya sutradara mengurungkan niatnya. Selain Ahn Yong Yi dan Asisten Manager Ha yang juga mempunyai kemungkinan kisah cinta adalah karakter Jang Baek Ki dan asisten manager Kang. Kata sang sutradara, jika saja karakter Jang Baek Ki adalah perempuan, bisa jadi dia akan jatuh cinta pada asisten manager Kang. Huahahaha..kalau bener kejadian, kalian setuju gak sih?

K Drama Couples
Misaeng Couple(s)
7. Casts Call Each Other By Name Role 

Entah berada di dalam atau diluar lokasi syuting, para pemeran Misaeng saling memanggil nama peran mereka masing-masing. Contoh misalnya Im Siwan tetap dipanggil dengan nama Jang Geu Rae atau Lee Sung Min yang tetap dipanggil sebagai Oh chajang atau Park Hae Joon yang tetap dipanggil Chief Chun. Ini bukan karena sok-sokan tapi karena chemistry dan pendalaman peran mereka. Makanya jangan heran jika diluar jam syuting pun sang sutradara masih memanggil Im Siwan dengan nama Jang Geu Rae.

Behind The Scene Misaeng
Pesan Lee Sung Min Setelah Menyelesaikan Syuting Terakhir
Malah saking kompaknya antar pemain (khususnya 4 karyawan baru itu), sang sutradara pernah mewanti-wanti mereka agar jangan terlalu akrab karena di episode awal mereka ceritanya masih saling bersaing, khususnya Jang Baek Ki dan Geu Rae. Dasar bandel, mereka masih saja menyempatkan hang out berempat diluar sepengetahuan sang sutradara. Menurut Kang Ha Neul kerjasama yang baik memerlukan keakraban sementara Im Siwan berpendapat tanpa akrab dengan lawan main bagaimana dia bisa perasaan Jang Geu Rae terhadap Jang Baek Ki. Halah! Alasan.. alasan.. Ngumpul aja terus, gak ngajak2 akuuhh... *lari ke rooftop, minum susu basi*

Siwan, Kang Sora
Misaeng Fantastic Four - Tuhan..tolonglah aku dari gaya foto seperti ini.. 

8. Office Location for One International Has Two Places

Lokasi pertama adalah studio buatan yang interiornya dibuat mencontoh design dari kantor Daewoo. Ini adalah kebanyakan syuting dalam kantor One International diambil. Agar kelihatan lebih hidup, bagian jendela dilapisi layar biru untuk diproses secara chroma key menggambarkan suasana lalu lintas dari lantai 15 ( dan juga efek lampu love love halusinasi Jang Geu Rae). Lokasi kedua adalah kantor asli perusahaan Daewoo Group Headquarters. Daewoo adalah salah satu perusahaan terbesar di Korea setelah Hyundai dan sebelum LG dan Samsung. Ini juga merupakan tempat Kang Sora magang untuk pendalaman karakternya sebagai Ahn Young Yi. Sebenarnya untuk membedakan lokasi syuting bisa diliat dari lampu ruangan. Jika lampu di ruangan menyala di jam kerja siang hari, itu berarti mereka syuting di studio buatan. Sementara jika lampunya mati sementara ceritanya mereka sedang kerja di pagi atau siang hari, berarti mereka syuting di Daewoo.

Office, Misaeng

K Drama
Hasil kerja team CG spesial effect 
Karena aktifitas pekerjaan yang rutin dilakukan Senin - Jumat maka lokasi Daewoo dipergunakan untuk syuting di hari Sabtu-Minggu, adegan rooftop, adegan pantry dan adegan taman saja. Ihh.. jadi pengen maen ke Daewoo. Kali kali aja bisa numpang ngopi di pantry lalu lari ke rooftop. Huahaha

K Drama
Daewoo Grup HeadQuarter Office, Seoul 

9. Pantry and Rooftop are Two Most Crucial Places For Problem Solving 

Ada 2 tempat penting sekaligus jadi lokasi penyelesaian masalah tanpa masalah ala Misaeng di drama ini. Yang pertama adalah : 

Pantry lantai 15
Sambil bikin kopi atau fotokopi tempat ini pas banget buat gosip, curhat atau dipake dengerin orang lagi curhat. Bonus kalo ruangan sebelah ada yang lagi dimarahin bosnya! Hehehe... Yang gue suka dari pantry lantai 15 ini adalah .. coffee makernya! Apalah arti kopi instan sachetan kalau ada coffee maker. Seandainya gue kerja di lantai 15, tiap pagi gue sudah nongkrong bikin kopi disitu (kali aja ketemu Jang Baek Ki). Han Suk Yul aja, anak lantai 16 itu, lebih sering bikin kopi di pantry lantai 15. Alasannya,"Di lantai 16 gak ada coffee maker, tidak ada Ahn Young Yi dan tidak Jang Baek Ki." 

Misaeng, K Drama

Apalah gue yang hanya punya alasan sederhana supaya bisa  ngelewatin mejanya Jang Geu Rae. Eh wait.. meja Jang Geu Rae itu dekat toilet kali..bukan pantry. Oh well, Salah posisi! 

Rooftop 

Ini adalah lokasi paling juara dengan banyak fungsi. Rooftop ini  paling pas buat marah-marahin bawahan (Oh Sang Sik - Jang Geu Rae dan Asisten Manager Ma - Ahn Young Yi), konsultasi dengan atasan ( Dong Shik daeri - Jang Geu Rae), curhat sesama karyawan ( Oh Sang Sik - Manager Sun - Manager sales team 2), berantem sesama newbie ( Jang Geu Rae - Han Suk Yul), menghukum karyawan baru ( Jang Geu Rae), teriakin atasan padahal atasannya ada di bawah ( Jang Geu Rae), tempat nguping curhatan orang ( Jang Geu Rae), tempat ngegalau sendirian ataupun bareng-bareng ( Jang Geu Rae dan Team Sales 3), tempat makan ramen sendiri atau minum susu basi bareng-bareng dan  tempat ngerokok tapi gak ada satupun yang sempat merokok. Komplit lah tempat ini. Pokoknya kalau ada masalah apapun di kantor, kalau pantry terlalu banyak orang mari kita selesaikan di Rooftop saja!

Rooftop, Im Siwan
Memandang Sunset dengan Bos, Romatis atau Bikin Meringis ?

10. “Misaeng” Season 2 Under Consideration

Walaupun endingnya sangat masuk akal dan tidak menggantung namun Misaeng sangat dinanti-nantikan kelanjutannya. Nah, tidak perlu khawatir pemirsa. Kabar gembira untuk kita semua, kini Misaeng ada rencana season 2 nya (dinyanyikan ala iklan ya..). Penulis webtoon Misaeng Yoon Tae Ho bilang kalau scene Jang Geu Rae dan Oh Sang Sik di Jordan adalah preview untuk season 2. Dia juga  memastikan Jang Geu Rae tidak akan menjadi manager atau president, yang dia bisa janjikan adalah ada 3 bagian untuk Misaeng. Bagian pertama adalah perjuangan Jang Geu Rae sebagai karyawan di One International (sudah kita tonton di season ini), bagian kedua nantinya berfokus pada usaha Jang Geu Rae sebelum ke Jordan sementara bagian ketiga adalah Jang Geu Rae mencari jodoh (asik! ada loveline beneran!).Rencananya Misaeng season 2 ini akan dibuat dulu dalam versi webtoon di bulan Maret 2015 sementara dramanya akan menyusul karena plot drama akan mengikuti versi webtoon. Menurut pihak TvN belum ada kepastian kapan syuting untuk season 2 akan dibuat karena proses preproduksi bisa saja memakan waktu dua tahun. Huhuhhuhu..lama amat yak? Apapun, harapan gue sih walaupun ada karakter baru, semoga sutradara, writer-nim dan pemeran intinya masih tetap sama. Gue yakin Misaeng season 2 (dan 3) bakal lebih daebak. What can i say, sama seperti Jang Geu Rae, kemana Oh chajang pergi, aku ikut.. *halah*

The Best K Drama
Sementara Itu Mari Kita Minum Susu Dulu Di Rooftop
Itulah 10 fakta yang bisa gue rangkum selama proses mendalami karakter gue  menikmati hasil kerja keras team produksi dan para aktor di Misaeng. Sebenarnya ada beberapa hal lagi sih yang sepertinya seru untuk dibahas, cuma gue simpan dulu lah yah di postingan berikutnya. Karena lagi-lagi... seperti juga Misang, the incomplete life, tulisan tentang ini juga masih incomplete post. So, stay tune ya yorobun... Gue tunggu di pantry lantai 15!

Komentar

  1. Kayaknya pernah nonton drakor yang ada misaeng nya deh tapi apa ya lupa hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih? Etapi..Misaeng emang banyak dapat perhatian, sampe dibuatin parodynya segala. Ratingnya cukup tinggi pula. Running Man SBS & Hello Concelour KBS ( variety show) sempat bikin spesial edisi juga kan pake tema Salary Man ala Misaeng. Wah ini sudah Fact #11 nih.. hahaha

      Hapus
  2. Belum nontooooon, huhuhuuu....tapi masuk wishlist yang aku nonton mbak.
    Ituuuu...foto di point ke 7, foto yang berempat itu, aku suka banget lihat gaya mereka di situ, qeqeqee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto #7, dari twitternya Im Siwan. Iyah, ini foto paling alay sejagad raya hahahahahaha.. Ayo dong ditonton, supaya bisa diobrolin bareng. *tebarin virus*

      Hapus
  3. Jang Baek Ki dan Kang daeri? Im on it! ^O^
    Etapi Kang daeri masih naksir cewek sih.. itu tuh yang dari kantor pusat :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebisa mungkin sih jangan ada pasangan "G". Mending Kang Daeri sama yg dari kantor pusat aja... IMHO sih Della. Pengen gw jodohin ama lo sih, cuman kan... ntar akuh di toyor sama masmu hahahahaha

      Hapus
    2. Ya gpp sama gue kalo cuma di drakor aja mah.. :p #ngarep

      Hapus
    3. tapi kan.. tapi kan... *tetap gak rela, mending ama gw aja hahahahha*

      Hapus
  4. Dvd misaeng sdh ada ditngan dr 2 minggu yg lalu, tp blm smpat nnton. pdhal prasaan sdh gk bisa terbendung lg untk bersua Im Si Wan...
    (Rita)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rita.. Nonton atuh lahh.. biar ada teman yang terjerat lagi nih. Hihihi..

      Hapus
  5. Ya jelas ak lebih dukung Ha daeri sama ahn young yi dooooobk. *teteeep, ngepens ama Ha Daeri nya gak abis2*
    Etapi lucu deh klo Kang Daeri ny ama cewek yg dr kantor pusat. Ekspresinya dapeeet banget euy.. Yang biasanya cool, calm, eh pas si cewek ny dtg langsung bengong tiada akhir..
    Ah, jadi pengen beli dvd ny deh, biar bisa re run sewaktu2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah.. aku pun aku pun.. Niat beli DVDnya. Cuma biasanya translate DVDnya sering malesin. Tapi kalo sudah nonton 3x mungkin tanpa subtitle pun aku sudah ngerti, *halah!* *Lalu didorong dari rooftop* *Jatuh di pelukan Jang Geu Rae yang lagi ngelus2 tiang One International* huahahahaha

      Hapus
  6. Masih belum bisa mulai nonton si misaeng ini. soon. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Why?? Mengapaaaa??? Mau nyelesain Healer dulu yah?

      Hapus
  7. I'm not into Korean (serialnya, dll), tapi ibuku suka gara-gara gak sengaja nonton di TV, hahaha. Mungkin yang ini bisa jadi referensi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bisa banget. Tapi keknya masih akan lama kalo nunggu ini ditayangkan di tipi kita. Itu juga gak asik krn pasti di dubbing. kecuali kalo tayang di Mnet channel, langganan TV berbayar itu.

      Hapus
  8. daebakk!! :D aku baru selese nonton eps lima nih. langsung buka modem kepoin siwan, eh nemu blog ini :D thanks for the information, writer-nim :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka Siwan juga gara2 Misaeng? You're not the only one. Akupun... *toss dulu* Tenang aja, rencananya aku mau nulis ttg Siwan lagi nih. Tunggu waktu yang tepat aja. Sering-sering mampir yaa Julita....

      Hapus
  9. Beuuhh mbaaa...percaya ga aku nnton misaeng ini gegara postingan mu di FB. Maap yah aku stalk dikit, soale penasaran tiap komen di statnya c Bibi Titi Teliti sepertinya mba ini susah mup on dari misaeng. Akhirnya dengan impulsifnya aku beli dvd misaeng tanpa seleksi pemaennya dulu donk! Daann...jeng jeenggg... abis namatin Healer aku ga susah mup on dari abang Bong Soo.Kepincut misaeng beneran. Misi tebar2 virusnya aku bantuin deh..sejauh ini udah 3 korban terjangkit ��
    *ups komennya kepanjangan*
    Tapiii...tengkyu yah karena udah "bawel" ngomongin misaeng jadi aku kepincut juga..meskipun episode 19 - 20 penuh derai air mata T T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whoaaaa senangnya aku bisa meracuni orang lain *hahahahahaha* etapi kan racunnya oke, ya kan? Akupun pada awalnya nonton ini gak liat deretan pemainnya. Sinopsisnya cuma baca sekilas aja. Pake feeling aja. Alhamdulilah sih feeling aku sering banyak yang tepat, hehehe.. Wah beruntung nonton Healer dulu abis itu nonton Misaeng, karena aku kebalik. Abis nonton Misaeng jadi gak napsu nerusin nonton Healer.
      Tengkyu yaah mau baca bawel2nya akuh dimana2 soal Misaeng hahahaha

      Hapus
    2. Baru ngeh pas udh stel dvd nya..ternyata ada ha neul... daebakk.. dan untungnyaaa thank God ga ada "G" couple..wkk... kl jd baek ki sama kang daeri, euuhh nanti aq ga bisa ngeliat dia dgn sudut pandang normal lagii kek liat jo in sung...hehe..gegara frozen flower jd ga minat nnton it's ok that's love... *I'm done with yaoi* :))
      Trus ini fact part 2 nya manaaa... :D * menunggu sambil mimi cucu baci* :)))

      Hapus
    3. Iyah ada Kang Ha Neul disitu as Jang Baek Ki. Whoaa akupun gak tertarik meneruskan It's Ok That's Love, cuma sampe episode 10 aja.
      Eh yaa part 2 nya nyusul yah.. Aku masih nyari inspirasi di rooftop bareng team sales 3 nih :))

      Hapus
  10. annyeong~. karena misaeng sy tnp sengaja datang ksini. dan .. blognya bagus ^^6. misaeng ... oh bagusssss banget pake banget. baru pertama ini nemu k drama yg slice of life yg gk ky k drama lainnya yg menye2 love. skrg baru nonton pe ep 17. wlu slife of life tp q gk nyepetin .. ngikutin tiap detik dramanya (nont k drama sy suka pilih2, klu bnr2 menarik bnr2 q tonton serius). brharap korea bikin banyak k drama yg genre slife of life bnr2 slice of life sprti yg dilakukan jepang yg drm slice of life nya patut diacungin jempol. ya ampun gak sbar nungguin misaeng season 2.. tp kynya bkl lamaaaa. sy sama ky admin dlu gr2 DH2 jd gk suka sm kang sora. tp gr2 misaeng jd suka~. kekeke .. gr2 misaeng q jd bnyk omong. oke .. mkasih ulasan fakta misaengnya. salam kenal ^^/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whoaa.. toss dulu deh! :D Episode 17 lagi seru-serunya tuh. Cuma yahh siap-siap tissue aja deh di episode 18-19, dan episode 20 nya bener-bener pengen meluk semua crewnya. Puas banget rasanya.
      Btw, coba baca postinganku sebelumnya deh >> http://bittersweet-m-e.blogspot.com/2014/12/misaeng-incomplete-life-complete.html mudah2an bisa mengobati demam Misaeng nya :D

      Hapus
    2. ya.. dr awal hrs sedia tisu trs. bener2 keren deh nie drama. berani jdin nie drama fav number one dr smua drama yg sudah kutonton. karakter, plot cerita masing2 karakter, hub antar karakter, tegangnya slife of life sebuah pekerjaan yg butuh team. suka sm pekerjaan tipe team. dan plg suka lihat perusahaannya yg cool hbs. enaknya bisa kerja diperusahaan itu. jdnya suka bgt sama im siwan~~~.
      oke, thankyu linknya. coba q slancari dlu ^^.

      Hapus
  11. Aku malah lebih tertarik sama webtoon nya mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah baca webtoonnya.. Seru ya?

      Hapus
  12. rada telat sih komen di sini, tapi ga apa deh. Baru kelar nih nonton Misaeng nya, kesel minta ampun kenapa rambut Im Siwan jadi keren gitu cuma di episode 1 dan 20 -_____-

    BalasHapus
  13. Wah~ postingan ini kereen.. >_<
    Postingan yang bikin aku langsung greget pengen nonton dan berhari-hari begadang buat download Misaeng sampe selesai. Dramanya keren abis. Baru nonton episode 11 sih. Tp, sudah lega karena udah punya komplit dramanya. Jang Geu Rae, dia bener-bener bikin ane meleleh+dag-dig-du-sseerrr.. terutama kalo dia mulai di kucilkan. Bikin nangis.... T-T
    Di tunggu nih mba postingan tentang Misaeng yang selanjutnya. Aku tunggu.. aku tunggu.. >_<

    BalasHapus
  14. gue ampe nonton 2 kali. gak bosan. drama nya bagus. real life banget. Dan gak lebay. hahahaha

    BalasHapus
  15. Aku baru nonton drama ini. Tinggal satu episode lagi nih tapi mata udah ga kuat wkwkw. Aku juga suka banget drama ini malah tanpa adanya lovey dovey jadi greget. Cinta sesama partner kerja dan persahabatan 4 orang karyawan baru one internasional malah lebih nyentuh huhuhu beberapa kali menahan airmata pas nonton. Paling suka karakter Oh sajangnim disini. Pak chun juga ganteng wkwkw. Aku juga suka soundtrack nya yg judulnya tomorrow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drama ini memang komplit dan berbeda dengan caranya sendiri. OSTnya juga keren-keren. Setuju!

      Hapus
  16. Aku juga habis ngelarin drama ini. Jatuh cinta banget sama karakter oh sang sik, bisa kuat banget karakternya kalo yang meranin lee sung min, Dewa banget aktingnya. Ternyata siwan jago akting yah dibandingin idol lain (Kebukti dari the moon em.the sun).Sampe kebawa mimpi si siwan pas aku tidur pasca namatin dramanya. Tapi agak illfeel sih pas nonton siwan jadi bintang tamu running man yang terbaru. agak gimana gitu dia hehe. (Sok mungkin? Wkwk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih.. gak semua idol itu suck at acting. Dia juga selalu nemu peran yang pas dengan karakternya.

      Hapus
  17. gue salah satu penikmat drama Misaeng. udah 3 kali gue nonton ulang, sama sekali gak bosen. bagi gue, drama ini jadi penyemangat kerja gue, bahwasanya ada yang lebih menderita dari gue, yaitu tokoh2 di rama ini. kekeke.
    banyak banget pelajaran yg bisa di ambil dari drama ini dalam dunia kerja yg kejam menurut gue.
    mulai dari susahnya cari kerja,
    habis itu internship (kalo di kita lebih dikenal OJT, dengan persaingan yang luar biasa menurut gue. k-drama ini menggambarkan gimana mindernya kita kalo gatau apa2, yg harus udah mengesampingkan rasa malu biar tau lebih banyak.
    ada juga tipe2 yg penjilat,yg merasa dirinya paling pintar tapi ternyata merasa dijatuhkan oleh atasannya karna merasa tidak berguna..
    yg workaholic pasti ngerasain banget kalo nonton drama ini.

    selain itu, drama ini adalah k-drama yg paling realistis menurut gue, di banding k-drama2 lain yg menurut gue terlalu banyak delusionalnya dan berlebihan.
    dan misaeng ini jugalah satu2nya k-drama yg ga ada love linenya, tapi selalu buat gue berdebar tiap nonton (ya iyalah, secara bosnya sadis2, nyebelin pula lagi)plus, tetap ada selipan humor yg oke.

    saking sukanya gue sama drama ini, gue paksain temen2 gue nonton ini. hihihi.buat elu yg ngarepin crta ga biasa, yg pada dasarnya selalu berkutat dengan pekerjaan, yg capek kerja, yg pemikir (karna jujur drama ini basicnya all about work, ga akan cocok sama penonton yang gasuka tontonan berat), gue saranin tonton ini drama. 1 lagi, jgn berharap ada love line ya. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. You wrote the truth and nothing but the truth. Agree!!

      Hapus
  18. gue baru nonton kemarin lusa, DAN DAEBAKKKKKK!!! GUE YANG BEBERAPA BULAN INI JADI ANAK MAGANG merasakan banget apa yang dirasain Jang Ge Rae sampe gue nangis sepanjang episode 1 dan 2. Drama ini menginspirasi bgt, gue jadi semangat magang dan belajar ga putus asa. Dan anehnya, gue ga paham hampir semua masalah pekerjaan yang menimpa tim penjualan 3 karena bahasa nya bukan tingkat gue tapi GUE TETEP BETAH NONTON. Mungkin karena faktor akting DAEBAK nya OH PUJANGNIM, jadi segala pesan tersampai dengan sangat baik.

    BalasHapus
  19. Baru selesai nonton v_v
    Sudah 5 tahun berlalu.. apa kabar season 2 T-T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih..katanya webtoonnya belum kelar. Kelamaan ntar pemerannya keburu sibuk semua..

      Hapus
  20. Aaaaa sangat menyenangkan baca tulisan ini. Aku jadi banyak dapet informasi. Bener, gak kebayang kalau bukan si Im Siwan yang jadi Geu-rae, bakalan kurang pas. Apalagi aktor yang sempat digadangkan jadi Geu aku liat ketuaan hwhw.

    Aku ngefans banget sama Lee Sung Min jadinya. Pengen nonton drama-dramanya yang lain. Sosoknya yang pemarah tapi sayang dan care banget itu mengingatkan aku ke mantan bosku dulu.

    MAKASIH UDAH NULIS INI YAAAAA.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.